Home » » Benda Bulat Mengasikkan!!!!!!!

Benda Bulat Mengasikkan!!!!!!!



KELERENG

Suatu bentuk permainan yang sering di mainkan oleh anak-anak pada umumnya kerap kali di jumpai pada saat-saat atau masa-masa tertentu.  permainan yang menggunakan bola kelereng ini tidak akan terlihat mata pada harihari biasa.Hal ini sesuai dengan pernyataan yang di katakan oleh Aqim(seorang siswa Mts yang masih  gemar bermain).dia mengatakan bahwa permainan ini akan berlangsung kurang lebih  2 bulan dan setelah itu akan berubah menjadi permainan lain.
   Tipe permainan ini ada beberapa macam; dut-dut-an,kom-kom-an,kejar-kejaran,iwak-iwakan. Teknik permainan dut-dut-an ini dengan syarat:
-   Peserta tidak terbatas minimal 2 orang
-   Kelereng di kumpulkan di dalam batas yang telah tersedia.sesuai dengan jumlah yang tersedia.
-   Lalu pemain berkumpul melemparkan kelereng yang di miliki agar mendekati garis yang di sediakan.namun jika kelereng utama masuk dalam garis yang di sediakan maka tidak di perbolehkan ikut bermain kecuali menaruh kelereng kembali  sesuai jumlah yang tersedia.
Pemain akan memperolah kelereng jika dapat mengeluarkan kelereng yang berada dalam garis tersedia.
Pemain harus menyerahkan seluruh kelereng yang di dapat jika kelereng miliknya terkena kelereng yang sudah mendapatkan kelereng.
-   Pemain tidak boleh bermain jika kelerengnya masuk di dalam garis yang tersedia.
-   Jika kelereng pemain berada dalam garis di namakan mis
-   Apabila ia sudah memperoleh kelereng tapi kelereng utamanya berhenti di garis maka harus mengembalikan seluruh kelereng yang di dapat.
-   Pada perrmainan pertama setelah peluncuran kelereng utama menuju kelereng incaran, pemain di perbolehkan berada di sekitar  garis tersedia atau biasa di sebut
-   Dan jika sudah memperoleh kelereng namun jaraknya jauh dari garis kelereng incaran maka pemain boleh menaruh kelereng utama di berbagai tempat. Cara ini di namakan kom
-   Urutan permainan di tentukan pada saat permainan pertama kali di lakukan secara bergantian.
-   Jenis permainan inilah yang sering kali di lakukan oleh para anak-anak namun permaian ini hampir  usang akibat permainan-permainan yang di luncurkan dalam dunia maya.   

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Random Post

Comment

 
Support : MA NU IBTIDAUL FALAH
Copyright © 2013. Tradisi Lokal - All Rights Reserved
Oleh : USTHUR RAA'ID
Di Dukung : Blogger