Home » » Tadisi Tahunan Kudus

Tadisi Tahunan Kudus


Dandangan
Sebelum ramadhan tiba, sering mengalami jadwal kegiatan kosong untuk mengisi waktu umat selama satu bulan penuh . daerah kudus sudah menjadi incaran wartawan, sebab ramainya penjual dan pembeli dari berbagai manca kota berkumpul dalam satu tempat. Biasanya orang-orang kudus menyebutnya Dandangan.
kedaan ini akan berlangsung mulai sekitar satu bulan sebelum ramadhan menjelang. Yang mana keadaan ini memanggil antusias masyarakat  untuk segera berdoyong-doyong berkumpul di daerah sebelah selatan menara kudus. Tak kalah pentingnya, para polisi sesegera mungkin berjaga dikawasan ini untuk mengatur laju kendaraan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Daerah jalan yang menuju arah timur dari jalan arah selatan menara tertutup rapi untuk digunakan sebagai obyek penjualan para pedagang manca kota ataupun pedagang kudus sendiri

Dandangan adalah salah satu dari banyak festival yang terjadi di seluruh Indonesia dalam jangka sampai dengan Ramadhan. Kota Kudus host perayaan seminggu hidup yang panjang sebelum dimulainya puasa fajar-ke-senja berat yang dibutuhkan untuk bulan depan.
Jalan utama ditutup untuk lalu lintas dan warung yang mengatur di sekitar Menara Kudus Kauman (masjid utama), untuk pasar jam bersemangat dan berisik 24 diisi dengan suara penjual dan barterers dan bau makanan lezat. Kios-kios yang dikemas penuh dengan keramik hias, jimat agama dan kerajinan tradisional. Massa berduyun-duyun ke pusat kota, mengisi alun-alun dan jalan-jalan. Malam sebelum Ramadhan, sebagai fajar dan awal puasa sudah dekat, orang-orang berkumpul dekat ke masjid untuk mendengarkan suara drum, menggembar-gemborkan awal doa dan puasa Ramadhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Random Post

Comment

 
Support : MA NU IBTIDAUL FALAH
Copyright © 2013. Tradisi Lokal - All Rights Reserved
Oleh : USTHUR RAA'ID
Di Dukung : Blogger